Fungsi Menu Dan Icon Ms. Office

Microsoft Office adalah rangkaian perangkat lunak produktivitas yang terdiri dari berbagai program aplikasi yang berbeda. Setiap program memiliki menu dan ikon fungsionalitasnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa menu dan ikon umum di Microsoft Office (misalnya, Microsoft Word) beserta fungsinya:


1. Menu Berkas (File Menu):

•Ikon

Gambar berkas atau tumpukan kertas.

•Fungsi

 Memungkinkan Anda untuk mengelola dokumen, seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen yang ada, menyimpan dokumen, mencetak, dan mengakses pengaturan.


2. Ribbon (Pita):

•Ikon

Sejumlah tab seperti "Beranda", "Sisipkan", "Rujukan", dll.

•Fungsi 

Menyediakan akses ke berbagai perintah dan fungsi terkait dengan pengeditan dan pemformatan dokumen.


3. Menu Cetak (Print Menu)

•Ikon

Gambar printer atau ikon pencetakan.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen yang sedang dikerjakan atau mengakses pengaturan pencetakan.


4. Menu Tata Letak Halaman (Page Layout Menu)

•Ikon

Gambar halaman dan aturan.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak halaman, seperti orientasi, ukuran kertas, margin, dan lain-lain.


5. Menu Revisi (Review Menu)

•Ikon

Gambar pena atau kaca pembesar.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk meninjau dan mengedit dokumen, serta menyertakan fitur pembanding, komentar, dan ejaan/grammar.


6. Menu Sisipkan (Insert Menu)

•Ikon

Gambar tanda tambah atau alat sisipan.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk menambahkan elemen seperti gambar, tabel, grafik, hyperlink, dan objek lain ke dalam dokumen.


7. Menu Referensi (References Menu)

•Ikon

Gambar buku atau referensi.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk menyisipkan catatan kaki, daftar kutipan, indeks, dan daftar literatur ke dalam dokumen.


8. Menu Alat (Tools Menu)

•Ikon

Gambar alat atau pengaturan.

•Fungsi

Memungkinkan Anda untuk mengakses alat pemformatan, alat bahasa, serta fungsi lain seperti penomoran halaman dan pengiriman surat.


9. Menu Data (Data Menu)

•Ikon

 Gambar tabel atau grafik.

•Fungsi

 Memungkinkan Anda untuk mengelola data dalam dokumen, termasuk mengurutkan, menyaring, dan mengelola data dalam lembar kerja.


10. Menu Lihat (View Menu):

•Ikon

Gambar mata.

•Fungsi

 Memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan dokumen, seperti menampilkan atau menyembunyikan tanda baca, panel navigasi, dan lain-lain.


Fungsi Microsof Office

 Fungsi Microsoft Office untuk memberikan akses dan pengaturan data seperti di bidang pendidikan untuk mengolah dan menghasilkan data, membuat surat, membuat slide presentasi, menyimpan data, mengirim email dan yang lainnya.

Komentar

Postingan Populer